photo

Bantuan kemanusiaan masyarakat Indonesia melalui Indonesian Humanitarian Alliance (IHA) bersiap memasuki Gaza melalui gerbang Rafah, Mesir (27/11). Menurut laporan dari anggota IHA yang berada di Mesir, sebanyak lima truk bantuan kemanusiaan dari masyarakat Indonesia masuk pada tanggal 27 November 2023, sedangkan enam truk lainnya menyusul pada Rabu, 29 November 2023.

Ali Yusuf selaku Ketua Komite IHA mengungkapkan bahwa 11 truk membawa total 176 ton bantuan kemanusiaan masyarakat Indonesia. Bantuan tersebut terdiri dari bahan pokok dasar sesuai kebutuhan penyintas di Gaza, Palestina. Beberapa di antaranya terdiri dari makanan, air bersih, perlengkapan medis, dan perlengkapan musim dingin.

“Seperti yang kita tahu, kebutuhan masyarakat Gaza terhadap makanan, air bersih, pakaian, hingga kebutuhan wanita dan anak adalah yang utama saat ini. Kami berharap, bantuan ini menjaga semangat juang penyintas Palestina untuk mendapatkan hak hidupnya,” ungkap Kholaf, anggota IHA yang mengawal keberangkatan konvoi truk di Mesir.

Sejak meningkatnya eskalasi konflik antara Palestina dengan Israel pada 7 Oktober silam, kondisi penyintas di Palestina semakin tidak menentu. Banyak dari penyintas Palestina tinggal berdesakan di pengungsian dengan berbagai kebutuhan pokok yang terbatas.

Egyptian Red Crescent sebagai mitra kolaborasi kemanusiaan IHA di Mesir mendata sebanyak 1.635 truk bantuan kemanusiaan telah masuk ke Gaza sejak 7 Oktober lalu. Bantuan kemanusiaan ini masih belum cukup memenuhi kebutuhan 1,6 juta penyintas.

“Kondisi mereka saat ini ada di ambang putus asa. Banyak dari mereka yang menahan lapar, kekurangan air minum, dan tidak bisa mengakses air bersih untuk keperluan sanitasi sehingga muncul penyakit kulit,” ujar Kaimuddin, anggota IHA.

Melalui berbagai bantuan kemanusiaan yang masuk melalui gerbang Rafah, IHA sebagai aliansi yang menyatukan kebaikan antar lembaga kemanusiaan di Indonesia berkomitmen untuk menjaga semangat juang warga di Palestina. Pada kali ini, konvoi truk kemanusiaan IHA merupakan kolaborasi anggota-anggota IHA di antaranya Human Initiative, Nurul Hayat, Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, BMH, Yatim Mandiri, YDSF, LAZISMU, DT Peduli, LMI, dan puluhan lembaga amil zakat dalam koordinasi Forum Zakat.


Bagikan ke Teman





Rekomendasi Artikel