photo

Masih teringat jelas, bagaimana dahsyatnya gempa yang terjadi di Kabupaten Malang pada 10 April 2021 silam. Gempa dengan kekuatan 6,1 SR itu menimbulkan korban luka-luka bahkan korban jiwa. Juga mengakibatkan rusaknya fasiltas umum dan bangunan rumah warga.


Laznas Nurul Hayat, hadir menemani warga yang terdampak gempa Malang Selatan ini. Selain memberikan berbagai macam bantuan pada fase tanggap darurat, Laznas Nurul Hayat juga terus mendampingi dalam masa recovery. Salah satunya adalah dengan memberikan bantuan huntara (hunian sementara) yang layak, yang disebut Griya Cahaya Hidup (GCH).


Seperti yang kita ketahui bersama, warga yang rumahnya terdampak gempa Malang Selatan, terpaksa tinggal di tenda-tenda darurat yang terbuat dari terpal. Tenda-tenda ini tentu kurang aman dan nyaman bagi mereka. Ketika siang hari, di dalam tenda tentu akan terasa panas. Sementara ketika malam hari, udara dingin akan terasa lebih menusuk. Belum lagi jika hujan turun, tenda yang bocor, menyebabkan air hujan langsung masuk dan membuat orang-orang yang tinggal di dalamnya menjadi tidak tenang. Dari sinilah Laznas Nurul Hayat berniat untuk membantu menyediakan hunian yang layak untuk warga terdampak. Dan hunian-hunian tersebut, kini telah diserah-terimakan dan telah ditempati oleh warga.


 


Alhamdulillah, pada 28 Agustus 2021 lalu, Laznas Nurul Hayat melaksanakan peresmian serah terima Griya Cahaya Hidup untuk warga terdampak gempa Malang Selatan. Hadir dalam acara peresmian ini, Direktur Eksekutif Laznas Nurul Hayat Bapak Heri Latief,  Kepala Cabang Nurul Hayat Malang Bapak Indra Hermawan, Kepala Dusun, Kepala Desa, Babinsa, Babinkamtibmas, dan warga penerima bantuan. Pada kesempatan tersebut, sebanyak 26 unit Griya Cahaya Hidup diserah-terimakan kepada warga  Desa Majangtengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang.


Pada kesempatan serah terima ini, warga yang mendapatkan bantuan Griya Cahaya Hidup mendapatkan satu foto mereka yang tengah berpose di depan rumah, sebagai bentuk simbolis serah terima Griya Cahaya Hidup. Tak hanya itu, pada kesempatan tersebut, Laznas Nurul Hayat juga menyerahkan bantuan berupa alat-alat pertukangan. “Alhamdulillah, pada acara peresmian Griya Cahaya Hidup beberapa waktu lalu, kami juga menyalurkan bantuan berupa alat pertukangan untuk pengerjaan galvalum seperti bor, alat potong dan sebagainya. Pembangunan huntara kali ini tidak hanya untuk memberikan bantuan hunian layak bagi warga terdampak gempa. Tapi juga menjadi balai latihan kerja bagi warga. Ya, di sini warga yang sehari-hari bekerja sebagai petani ini, mendapat kesempatan untuk belajar bagaimana proses pengerjaan galvalum. Jadi, selain mendapat bantuan Griya Cahaya Hidup mereka juga mendapatkan tambahan skill yang akan bermanfaat untuk mereka ke depannya. Setelah ini, warga akan membuat kelompok kerja di bidang pengerjaan galvalum. Tentunya ini menjadi nilai tambah manfaat tersendiri bagi warga,” tutur Indra Hermawan, Kepala Cabang Nurul Hayat Malang.


Alhamdulillah, kebahagiaan terpancar jelas dari wajah para warga yang menjadi penerima bantuan Griya Cahaya Hidup. Bahkan saking bahagianya karena mendapat bantuan tempat tinggal, dengan inisiatif sendiri, mereka menggambar logo Laznas Nurul Hayat di tembok-tembok Griya Cahaya Hidup yang mereka tinggali. “Ya, warga bahagia dan menyambut positif bantuan ini. Semoga bantuan ini bisa membuat warga menjadi lebih tenang di rumah. Sehingga kepala keluarga bisa fokus untuk mencari nafkah tanpa kebingungan memikirkan tempat tinggal untuk keluarga,” tutur Kholaf Hibatulloh, Direktur Program Laznas Nurul Hayat yang juga turut hadir dalam acara tersebut.


Terima kasih kami ucapkan kepada para donatur dan semua pihak yang telah turut berpartisipasi dalam pembangunan Griya Cahaya Hidup untuk warga terdampak gempa Malang Selatan. Semoga apa yang telah kita upayakan bersama, mendapat sebaik-baiknya balasan dari Allah ﷻ. Tak lupa juga mari kita doakan, agar warga yang terdampak gempa Malang Selatan ini dapat segera bangkit dan kembali seperti sedia kala. Aamiin ya Rabbal Alamiin..



Bagikan ke Teman





Rekomendasi Artikel