photo

Yayasan Nurul Hayat Gresik- Lamongan akan memulai panen ternak kambing di dua desa yang berada di kecamatan Bungah, kabupaten Gresik. Ada sekitar 100 ekor kambing yang siap akan di panen, serta digunakan untuk persiapan menjelang Hari Raya Idul Adha tahun 2021 ini.

Sholihul Amin, staf layanan NH Gresik-Lamongan yang biasa dipanggil Amin mengatakan “Saat ini, peternak kambing binaan Nurul Hayat ada di desa Bungah dan desa Kisik, kecamatan Bungah kabupaten Gresik. Sekitar 100 ekor kambing siap untuk dipanen menjelang hari raya Idul Adha tahun ini. Langkah selanjutnya, Nurul Hayat akan membeli 100 ekor kambing dari peternak tersebut. Tiap kg daging kambing nantinya akan dibeli seharga kisaran Rp 64.000 yang akan digunakan sebagai program Qurban Pelosok Desa

Beliau juga menambahkan bahwa jumlah kambing sebanyak 100 ekor tersebut untuk persiapan qurban di berbagai wilayah pelosok desa. Selanjutnya, untuk mengetahui proses perkembangan ternak kambing, maka akan dilakukan timbang bobot kambing setiap bulannya. Kambing-kambing tersebut di rawat oleh peternak dhuafa selama 3 bulan, kemudian Nurul Hayat membeli lagi kambing-kambing tersebut saat Idul Qurban. Hasil keuntungan ternak kambing tersebut semuanya untuk peternak. Mereka para peternak hanya diwajibkan untuk mengeluarkan zakat sebesar 2,5%, yang mana kemudian zakat tersebut dibagikan ke warga dhuafa yang berada di sekitar rumah para peternak kambing.

Sementara itu, kepala desa Kisik kecamatan Bungah M. Ali Ishaq menyampaikan “Saya sangat mengapresiasi program ternak kambing dari yayasan Nurul Hayat Gresik-Lamongan. Karena telah membantu saya dan warga desa untuk mengembangkan ternak kambing sehingga perekonomian desa tidak hanya berjalan, melainkan juga berkembang" (09/06/2021)


Bagikan ke Teman





Rekomendasi Artikel