photo

ZAKAT YOGYAKARTA – “dan bacalah Al Qur’an dengan tartil” (QS Al Muzammil ayat 4). Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan bahwa : “dan firmanNya : ‘dan bacalah Al Qur’an dengan tartil’, maksud bacalah dengan pelan karena itu bisa membantu untuk memahaminya dan men-tadabburi-nya” (Tafsir Ibnu Katsir, 8/250).

NH Zakat Kita DIY dengan program Insentif Bulanan Guru Al Qur’an (IBUQU) hingga saat ini membina 254 orang Ustadz/ah yang secara rutin mengajarkan membaca Al Qur’an untuk ribuan santri/wati TPA/TPQ se DIY.

Dalam rangka untuk mendalami pemahaman tentang membaca Al Qur’an yang benar, mentadabburi, serta melakukan evaluasi metode pengajaran dan pembelajaran Al Qur’an, NH Zakat Kita DIY bekerjasama dengan Yayasan Nurul Falah DIY memfasilitasi terselenggaranya “Program Inisiatif Peserta Ibuqu” Pelatihan dan Sertifikasi Guru – Guru Al Qur’an.

Alhamdulillah, program ini telah melakukan evaluasi dan sertifikasi kepada 165 peserta IBUQU NH Zakat Kita DIY di 5 Kabupaten/Kota se DIY. Besarnya tekad para peserta untuk mengevaluasi diri dalam hal membaca Al Qur'an, terlebih lagi mengajarkannya kepada santri/wati TPA/TPQ, membuat agenda ini dapat terselenggara di 4 lokasi.

Yaitu di Gedung Serbaguna Dukuh Pentung, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul (28 - 29 Oktober 2020), Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul (14 - 15 November 2020), Gedung SMP Muhammadiyah 1 Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo (12 - 13 Desember 2020), dan Masjid Pangeran Diponegoro Kompleks Balaikota Kota Yogyakarta yang juga meliputi peserta dari Sleman (19 - 20 Desember 2020).

Semoga ilmu yang didapatkan, dapat diamalkan di jalan Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Jangan pernah berhenti belajar.


Bagikan ke Teman





Rekomendasi Artikel