photo

Pondok Pesantren An Nibros merupakan Pondok Pesantren (PP) salaf yang beralamat di Lingkungan Mojan, RT 01, RW 02, Kel. Bintoro, Kec. Patrang, Kab. Jember.

PP An Nibros terletak di wilayah yang terpencil yaitu di tengah kebun/hutan, di kaki Gunung Argopuro. Lokasinya juga lumayan sulit dijangkau. Harus melewati pinggir jurang dan jalan yang belum diaspal. Bahkan bisa dibilang tidak layak. Kendaraan roda 4 tidak bisa sampai di pondok.

 Ponpes yang dibangun di awal tahun 2.000 dan diasuh oleh Kyai Iskandar  ini memiliki sekitar 80 santri putra dan putri. Kebanyakan berasal dari Kecamatan Patrang. Dan ada beberapa yang dari luar Kecamatan Patrang, termasuk luar Kota Jember. Para santri belajar kitab di Ponpes ini.

Kondisi infrastruktur PP An Nibros, sudah ada musholla dan bangunan permanen untuk asrama santri putri. Di Ponpes itu juga dibangun masjid, bantuan dari muhsinin asal Saudi Arabia beberapa tahun lalu.

Tapi yang miris untuk asrama santri putra tidak sama. Bangunan kamar-kamarnya dari kayu. Berupa bangunan panggung. Kayu-kayunya juga sudah rapuh. Apalagi di musim hujan, rawan roboh. Kalau di dorong pakai tangan saja sudah bisa bergerak. Akhirnya para santri putra tinggal di Masjid karena khawatir kerobohan asrama.

Saat ini Ponpes sedang mencari cara dan dana untuk merenovasi total asrama putra. Dijadikan bangunan permanen tembok yang kokoh. Agar santri bisa belajar dan mengaji dengan aman. Kebutuhan renovasi sekitar 90 juta rupiah.

Alhamdulillah, tanggal 18 Maret lalu, Nurul Hayat Jember telah melaksanakan serah terima bantuan pembangunan asrama putra pondok pesantren An Nibros. Nominal bantuan tahap pertama ini sebesar 16 juta rupiah. InsyaAllah akan ada bantuan tahap selanjutnya. Pada momen serah terima ini juga dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan asrama putra oleh Kepala Cabang NH Jember dan pengasuh PP An Nibros, Kyai Iskandar.

Terima kasih, kami haturkan kepada sahabat sejuk Nurul Hayat atas dukungan yang telah diberikan. Semoga menjadi amal jariyah yang pahalanya terus mengalir. Aamiin ya Rabbal Alamiin.


Bagikan ke Teman





Rekomendasi Artikel