photo

Tim Aksi Tanggap Bencana SIGAB Nurul Hayat mencatat korban Gempa Bumi Mamuju – Majene, Sulawesi Barat bertambah menjadi 84 orang per hari ini (18/01/21).

Bencana Alam Gempa Bumi yang terjadi di wilayah Sulawesi Barat, khususnya di Kabupaten Mamuju dan Majene sampai hari ini telah menunjukkan perkembangan yang baik untuk evakuasi, karena kita semua tau, bahwa gempa bumi yang terjadi di mamuju – majene ini telah terjadi sejak Kamis (14/01/21) kemarin.

Awal mula terjadinya gempa bumi (14/01/21) yang dapat SIGAB Nurul Hayat laporkan yakni ketika mamuju thrust mengalami pergerakan memicu gempa Sulawesi barat sebesar M5,9. Gempa Bumi terjadi pada jam 13.35 WIB (GMT+7) pada titik gempa garis lintang -2,98 dan garis bujur 118,94 di kedalaman 10 kM, 4 kilometer barat laut dari Majene. Gempa bumi ini bersifat merusak dengan membawa runtuhan batu longsor pasca goncangan gempa. Situasi dan Kondisi makin memburuk di hari berikutnya.

Berikut kami dari tim SIGAB Nurul Hayat memberikan informasi terkini (18/01/21) dari situasi yang ada yakni, korban meninggal dunia 84 Jiwa (majene 11 jiwa, mamuju 73 jiwa), terdampak & mengungsi 39.883 jiwa (pengungsi 19.435 pengungsi, terdampak 20.448), korban luka 932 jiwa (luka berat 253 jiwa, luka ringan 679 jiwa).


Kerugian materil mamuju - majene yakni, Kantor Danramil rusak 1 unit, fasilitas kesehatan rusak 1 unit, rumah rusak 1.150 unit, 8 Masjid terdampak, 15 fasilitas Pendidikan terdampak, Hotel rusak 1 unit, Mini market rusak 1 unit, Kantor gubernur sulbar 1 unit, Fasilitas kesehatan rusak 2 unit, Jembatan rusak 1 unit, Pelabuhan rusak 1 unit.

Dampak terkini yang bisa kami laporkan ialah 5 jalan yang putus sudah bisa dilalui, jaringan listrik berangsur normal, dan jaringan seluler tidak stabil.

Alhamdulillah kami tim SIGAB Nurul Hayat telah membantu menyalurkan sembako, selimut & tikar, tenda pengungsi, pelayanan medis, masker, makanan siap saji, terpal, air & sanitasi, APD untuk petugas.



Kami mengajak untuk masyarakat Indonesia dan sahabat sejuk semuanya untuk ikut berpartisipasi dalam mensukseskan proses pengevakuasian korban bencana gempa bumi di mamuju – majene dengan memberikan donasi terbaik. SIGAB Nurul Hayat akan dengan senang hati membantu menyalurkan bala bantuan yang diamanahkan kepada kami agar korban bencana disana bisa merasakan manfaatnya. Bersama kami, mari kita saling membantu saudara kita yang tertimpa bencana.


Bagikan ke Teman





Rekomendasi Artikel