photo

“Islam dibangun di atas lima hal: kesaksian sesungguhnya tiada Tuhan selain Allah dan sesungguhnya Muhammad utusan Allah, melaksanakan shalat, membayar zakat, haji, dan puasa Ramadhan.” (HR Bukhari Muslim)

Berdasarkan bunyi hadits diatas, Zakat merupakan salah satu dari 5 rukun islam. Jadi berzakat merupakan kewajiban yang harus dijalankan oleh kita sebagai umat muslim. Berbeda dengan infaq dan sedekah, Zakat memiliki ketentuan, serta jumlah dan macamnya yang ditentukan.

Pengertian Zakat

Dalam bahasa Arab, Zakat artinya bisa menjadi subur, tumbuh, bertambah, atau berkembang. Sedangkan zakat adalah sejumlah harta yang wajib dikeluarkan oleh umat Muslim dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan. Pengertian zakat tertulis dalam QS Al-Baqarah 2:43 : “dan dirikanlah salat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’” 

Berbeda dengan sedekah atau infak, zakat dibatasi dan ditentukan jumlah dan macamnya. Adapun jenis zakat dibagi menjadi 2 yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Waktu pengeluaran zakat fitrah ditentukan setahun sekali, yakni selama bulan Ramadhan hinggu menjelang malam Idulfitri. Sedangkan zakat mal boleh dibayarkan kapan saja selama memenuhi syarat nisab yang ditentukan.

Adapun Zakat memiliki banyak manfaat bagi muzakki (orang yang melaksanakan zakat), mapun Mustahik (Orang yang menerima Zakat). 

Keutamaan Berzakat antara lain:

  1. Zakat membersihkan harta kita, karena sebagian dari zakat kita adalah hak orang lain juga.
    Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapatkan bahagian” (QS. Adz-Dzariyat: 19). Sebagian dari harta kita adalah hak untuk orang lain yang membutuhkan

  2. Membayarkan zakat membuat hati lebih tenang dan bahagia dunia serta di akhirat

Membayar zakat membuat hati lebih tenang karena Zakat termasuk dalam bagian dari rukun Islam. Sehingga apabila dilakukan, maka agama seorang Muslim akan menjadi sempurna


  1. Allah akan menghapuskan dosa yang dimiliki oleh seseorang yang membayarkan zakat

Dalam Alquran surat Al Maidah ayat 12, Allah berjanji mengampuni dosa-dosa orang yang mendirikan salat, menunaikan zakat, beriman kepada rasul, dan meminjamkan pinjaman yang baik. Disebutkan juga pada ayat tersebut, mereka akan dimasukkan ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai.


  1. Harta yang dizakatkan menjadi berkah karena akan disalurkan untuk mustahik yang membutuhkan
    Harta yang dizakatkan menjadi sangat bermanfaat dan berkah karena disalurkan untuk mustahik yang membutuhkan dan untuk pemberdayaan.


  1. Harta yang dilipat gandakan, Zakat tidak mengurangi harta kita
    Saat mengeluarkan sebagian harta untuk membayar zakat, Allah menyambut amalan itu dengan tidak akan mengurangi harta. Justru, harta yang dimiliki akan berkembang dan penuh berkah.


Kini menunaikan Zakat menjadi sangat mudah, bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja melalui zakatkita.org . Nah buat Anda yang ingin menunaikan kewajiban berzakat, jangan ragu lagi, zakatkita.org adalah tempat paling tepat. Karena Zakatkita.org dikelola langsung oleh Lembaga Amil Zakat Nasional Nurul Hayat. Pengelolaannya yang dapat dipercaya dan transparan. Di zakatkita.org juga ada kalkulator zakat loh, memudahkan Anda untuk menghitung jumlah kewajiban zakat Anda.

Berzakat yang mudah ya berzakat di zakatkita.org



Bagikan ke Teman





Rekomendasi Artikel